Perjalanan Jamaah Umroh Amin Tour [2]

Perjalanan Menuju Makkah Untuk Menunaikan Ibadah Umroh

Setelah selama 3 hari berada di kota Madinah, para jamaah pun menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umroh. Perjalanan menuju Makkah ditempuh dengan menggunakan bus. Sebelum masuk ke Makkah para Jamaah mengambil miqat di Dzulhulaifah (Bir ‘Ali). Di sini para Jamaah memakai pakaian ihram dan niat umroh. Setelah selesai, para Jamaah menaiki bus untuk melanjutkan perjalanan menuju Makkah.

Muthowif/Pembimbing memberikan panduan kepada Jamaah selama perjalanan menuju Makkah. Para Jamaah dibimbing untuk memperbanyak bertalbiyah. Ketika sampai di Masjidil Haram di Makkah, Jamaah turun dari bus dengan tetap dibimbing oleh Muthowif. Setelah membaca do’a masuk masjid, para Jamaah menuju ke ka’bah untuk melakukan Thawaf.

Thawaf, Sa’i, dan Tahalul

Dengan dibimbing oleh Muthowif, para Jamaah mulai melakukan Thawaf. Dimulai dari Hajar Aswad (atau garis lurus dengan Hajar Aswad) Jamaah mulai Thawaf sebanyak 7 putaran. Muthowif terus membimbing para Jamaah selama melakukan Thawaf. Dalam Thawaf ini ada sebagian Jamaah yang diberi kemudahan oleh Allah untuk mencium Hajar Aswad. Dan ada pula yang tidak bisa mencium Hajar Aswad, yakni hanya bisa memberikan isyarat dengan lambaian tangan kanan sambil membaca “Bismillahi Allahu Akbar”.

Setelah selesai Thawaf sebanyak 7 putaran, Jamaah dibimbing menuju Maqam Ibrahim. Di Maqam Ibrahim Jamaah mengerjakan shalat sunnah dua rekaat. Kemudian Jamaah dibimbing menuju air zam-zam untuk minum. Setelah selesai, para Jamaah dibimbing menuju bukit Shafa untuk melakukan Sa’i.

Sebagaimana Thawaf, Sa’i juga merupakan rukun Umroh. Yakni berlari-lari kecil dari bukit Shafa menuju bukit Marwa sebanyak 7 kali. Sa’i dimulai dari bukit Shafa dan berakhir di bukit Marwa. Dari bukit Shafa menuju Marwa dihitung 1 kali, lalu dari bukit Marwa menuju bukit Shafa dihitung 2 kali, dan seterusnya hingga 7 kali. Dengan dibimbing oleh Muthowif para Jamaah melakukan Sa’i hingga selesai. Setelah selesai mereka bertahalul. Yakni mencukur gundul rambut bagi pria (ini yang utama) atau memendekkan rambutnya. Dan bagi wanita cukup dicukur sepanjang satu rua jari.

Dengan melakukan Tahalul ini berarti rangkaian ibadah Umroh telah selesai. Dan para Jamaah dibolehkan kembali mengerjakan hal-hal yang semula dilarang ketika Ihram.

Kegiatan Selama Di Makkah

Setelah selesai manunaikan ibadah Umroh, para Jamaah akan tetap berada di Makkah selama 4 hari. Muthowif menganjurkan agar para Jamaah memperbanyak ibadah selama di Makkah, terutama ibadah shalat. Hal ini karena Shalat di Masjidil Haram pahalanya 100.000 kali dibandingkan dengan shalat di masjid biasa. Dan para Jamaah pun bersemangat memanfaatkan waktu selama di Makkah dengan memperbanyak ibadah. Selain kegiatan ibadah, para Jamaah juga akan diajak untuk City Tour di Makkah.

Pulang Ke Indonesia

Setelah selama 4 hari di Makkah, para Jamaah bersiap-siap untuk pulang menuju tanah air. Mereka berkemas dan check out dari hotel kemudian menuju Bandara King Abdul Aziz di Jeddah. Sampai di Jeddah, dan setelah proses imigrasi selesai, para Jamaah terbang menuju Solo dengan pesawat Garuda Indonesia (GA-973). Sampai di Bandara Adi Soemarmo, Solo sekitar pukul 13.55 WIB.

Alhamdulillah, Allah Ta’ala memberikan kemudahan dan kelancaran perjalanan Jamaah Umroh Amin Tour. Sehingga mereka kembali ke tanah air dengan selamat. Juga mereka dapat menunaikan manasik Umroh hingga tuntas. Semoga Allah menerima ibadah Umroh para Jamaah dan menjadikannya Umroh yang mabrur. Aamiin

Dan Kami selaku Biro yang menyelenggarakan perjalanan ibadah Umroh, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para Jamaah kepada Amin Tour. Dan Kami juga menyampaiakan permohonan maaf apabila masih ada kekurangan dalam pelayanan. Semoga Allah mempertemukan kembali pada perjalanan Umroh selanjutnya. Aamiin

Artikel amin-tour.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: